Jumat, 26 Agustus 2011

Strategi Pemasaran yang Membuat Orang Menjadi Pembeli

Promosi merupakan salah kunci sukses pemasaran. Namun ada banyak bentuk dari trik pemasaran. Berdasarkan dari penelitian dan pengamatan seseorang dalam bidang studi perilaku konsumen, maka bannyak ditemukan Kalimat yang dapat menjebak seseorang menjadi pembeli produk. Kalimat tersebut digunakan sebagai kata kunci dalam promosi dalam bentuk iklan dll. Mari kita lihat bentuk kalimat tersebut.
1. Limited time / Limited Edition
Hal ini menciptakan gagasan mengenai sesuatu yang langka bahwa Anda akan melewatkan sesuatu. Ada Unsur ketergesa-gesaan sehingga orang berfikir jika tidak segera mengunjungi tempat tersebut atau tidak segera membeli produk tsb, Dia akan kehabisan barang yang stoknya juga terbatas.
2. Invitation only
Kata "hanya untuk undangan" tersebut akan memberi kesan eksklusif sehingga banyak orang akan berlomba menerima undangan atau ingin mendapatkan undangan.
3. Free
Anda pernah membaca buy one get one free? Ada kesan bahwa pembeli akan mendapat keuntungan yang positif. Padahal itu hanya tipuan  untuk mendorong orang membeli barang lebih dari yang diperlukannya. Walaupun kata kuncinya gratis atau free, sebenarnya perusahaan telah mendapatkan uang.
4. New and Improve
Pernah melihat antrian panjang untuk mendapatkan produk kesayangan? Blackberry mengumumkan bahwa produk seri terbaru merupakan produk yang sudah diperbaharui teknologinya. Padahal terkadang perbaikan yang dilakukan sebenarnya tidak berarti.
5. Money-back guarantee
Memberikan jaminan uang kembali jika barang yang dibeli rusak merupakan teknik marketing yang efektif karena membantu perusahaan untuk menjawab keraguan pembeli mengenai produknya. Jaminan ini dapat membuat perusahaan terbebas dari kesalahan karena jarang sekali orang mengembalikan produk.
6. Doctor recommended
Anda pernah mendengar produk yang menjanjikan sesuatu berhasil dalam waktu singkat dengan rekomendasi dari dokter? Hal ini ditujukan agar produk tsb memperoleh kepercayaan dari pembeli. Orang akan percaya jika mendapat nasehat dari orang yang pakar di bidangnya.
7. 4 out of 5...
Pernah mendengar iklan anlene yang mengatakan 9 dari 10 wanita indonesia menderita kekurangan zat besi? Setelah melihat iklan tersebut orang akan cenderung memakai atau membeli produk tersebut karena orang cenderung akan membeli produk yang juga dibeli oleh orang lain.
8. Official
Kata Official atau resmi biasanya dihubungkan dengan brand yang memiliki imej dari sebuah keadaan atau peristiwa. Misalnya Nike  adalah sponsor resmi  (official sponsor) Piala dunia ke-10. Melalui kaitan dengan event  tsb perusahaan akan ikut mendapatkan keuntungan.



Disadur dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar