Rabu, 04 September 2013

Foto kuliner dari tamu blog

Sembawa, Hari ini saya dapat kiriman beberapa foto dari rumah saya yang lainnya (rmh ortu maksudnya). Khusus dikirim adek saya untuk diposting di blog. Suatu kesenangan tersendiri memposting tulisan dari foto yang diambil oleh orang lain. It`s fun. Hari ini mami masak empek-empek adaan dari ikan utuh alias bukan beli yang digiling. As you know, resep adaan bisa Anda liat dipostingan saya terdahulu. Ikan laut itu kalau di palembang disebut ikan dencis atau sarden. Empek2 yang dihasilkan dari daging ikan ini akan berwarna hitam krn daging ikan sarden bukan berwarna putih melainkan keabu-abuan. Tapi tetep.... Empek-empek buatan ibu always delicious.


1
 1kg ikan sardin cuci bersih

2
 buang kepalanya

3
 dibelah mulai dari perut sambil membuang isinya. 
Lihat, mami msh dandan cantik, artinya dr pasar lsng memasak. 

4
 buang tulang secara perlahan. karena ikan ini lembut dagingnya shngga sangat mudah proses pembuangan tulangnya agar daging dpt maksimal terambil.

5
 daging siap digiling

6
 daging digiling memakai chopper. dahulu kala, mami menggunakan gilingan manual yang terbuat dari besi. teknologi benar sangat membantu.

7
 adonan siap

8
 bentuk bulat2 sambil menunggu minyak panas

9
 goreng one by one

 
 tunggu hingga warna kecoklatan kemudian dibalik sampai setiap sisi empek-empek terlihat garing merata dan   matang,angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar